Loading

KILAS BALIK CSR KRAKATAU POSCO 2015

20 Jan 2016
Corporate Social Responsibilty (CSR) merupakan bentuk nyata kepedulian perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Program CSR perusahaan tidak hanya berperan dalam upaya memberdayakan masyarakat, namun memunculkan inovasi berdasarkan budaya dan kekayaan lokal. PT KRAKATAU POSCO (PTKP) telah berkomitmen untuk melaksanakan berbagai program CSR secara berkelanjutan, baik di bidang pendidikan, sosial keagamaan, lingkungan, maupun kesehatan. 
Di bidang pendidikan, sejak pertengahan 2013 hingga September 2015, PTKP bekerjasama dengan Childfund Indonesia menjalin kerjasama dalam program pengembangan pendidikan dasar. Implementasi program di delapan sekolah dasar dan satu panti asuhan sebagai pilot project, terdiri dari SDN Samangraya 2, SDN Kubangsari 2, SDN Tegal Kidongdong, SDN Warnasari, SDN Deringo, SDN Tegal Ratu, SDN Banjarnegara, SDN Karpyak, serta panti asuhan Al Mubarok. Pengembangan pendidikan tidak hanya menyasar pada siswa, namun juga guru-guru di sekolah. Pelatihan diberikan kepada guru dalam hal metode pembelajaran, pengajaran, dan membangun kesadaran sosial serta hak-hak anak. 
Di bidang kesehatan pada bulan Juni 2015, PTKP dan KRAKATAU POSCO Family Association (KPFA) memberikan bantuan renovasi eks. Kantor kelurahan Samangraya, Tamanbaru, dan Banjarnegara menjadi Pusat Pelayahan Kesehatan (Health Care Centre) serta sumbangan tiga unit mobil ambulans. Hal tersebut merupakan wujud kepedulian PTKP terhadap kesehatan masyarakat di lingkungan sekitar. 
Proses pembelajaran dalam implementasi CSR menjadi modal berharga dalam upaya perbaikan dan pengembangan program sehingga dapat memberikan manfaat jangka panjang. Meski saat ini program yang dijalankan masih bersifat jangka pendek, pada tahun selanjutnya secara bertahap program CSR diharapkan mulai bergeser menuju pengembangan masyarakat (community development). Untuk mewujudkan hal tersebut tentu tidak lepas dari dukungan dan komitmen berbagai pihak pemangku kepentingan termasuk peran serta karyawan dalam implementasi CSR yang tidak hanya semata karena mengugurkan kewajiban, namun karena tumbuhnya kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. (M. Iqbal El Hidayat-GA Management Team)