Berita Perusahaan

Loading

Growing Together with Best Employee Training Program 2016

18 Apr 2016
 
Salah satu ciri sebuah perusahaan yang menghargai perkembangan karyawan adalah selalu aktif mendukung komunikasi dan pemahaman karyawan akan  budaya global. 
Sesuai dengan salah satu nilai inti KRAKATAU POSCO (PTKP) yakni “Grow Together”  pada tanggal 18-23 April 2016, PTKP diwakili oleh Ambassador 2015-2016, Muhamad Sidiq Fanani (Quality Technology) dan Nurus Syahadah (Technology Business Development) mengikuti undangan program pelatihan Best Employee 2016 dari POSCO, Korea.
Program yang diprakarsai oleh POSCO Group University ini didedikasikan untuk meningkatkan kemampuan karyawan perusahaan yang bekerja di masing-masing afilisasi perusahaan POSCO. Tujuan dari pelatihan ini adalah mengarahkan karyawan untuk dapat dipersiapkan menjadi pemimpin global di masa depan. Kegiatan pelatihan diselenggarakan di tiga kota yaitu Songdo, Pohang dan Seoul dengan empat program pelatihan dan diikuti oleh total dua puluh tujuh peserta yang berasal dari sepuluh negara dan empat belas perusahaan afiliasi POSCO yang berbeda sehingga secara keseluruhan kegiatan ini menyuguhkan pengalaman dan pengetahuan multikultural yang beragam.
POSCO History & Core Value merupakan pelatihan dasar yang pertama diikuti oleh peserta. Christopher Kovacs (Global HRD Group) sukses menyampaikan materi mengenai sejarah, founding spirit, nilai inti, dan patriotisme baja dengan brilian sehingga dapat memberi perspektif baru mengenai kesuksesan sebuah perusahaan baja. Pelatihan lain yang tidak kalah penting adalah mengenai Safety (Keselamatan Kerja) dimana para peserta berkesempatan untuk mengunjungi Global Safety Center POSCO Pohang untuk melakukan pembelajaran mengenai hal-hal berkaitan dengan budaya keselamatan dan kedisiplinan bekerja. Salah satu fasilitas menarik yang dapat dijumpai di Global Safety Center POSCO adalah fasilitas simulasi yang menggambarkan potensi kecelakaan kerja sehingga peserta lebih memahami dan “merasakan” sendiri bahaya bila melanggar aturan dan budaya keselamatan dalam pekerjaan sehari-hari.
Continuous improvement (perbaikan yang berkelanjutan) merupakan kunci keberhasilan sebuah perusahaan untuk dapat bertahan di era persaingan industri baja. POSCO R&D di Songdo, membuka lebar pengetahuan mengenai semua pengembangan produk yang telah berhasil dilakukan POSCO untuk berbagai sektor industri (pembuatan kapal, otomotif, peralatan rumah tangga, dll.) Seluruh peserta tampak sangat antusias dalam mencermati pergerakan pengembangan produk baja terutama dalam sektor industri otomotif yang belakangan ini tengah fokus kepada Eco-Friendly Future Technology (Teknologi Masa Depan yang Ramah Lingkungan, red.) 
Hal utama dalam memajukan sebuah perusahaan adalah sumber daya manusia (SDM) perusahaan tersebut. Oleh karena itu, di hari terakhir peserta berkunjung ke POSCO Center Seoul untuk mengikuti penjelasan materi dari Global HR Strategy. Banyak program yang kami pelajari mengenai pengembangan SDM, terutama mengenai jenjang karir, parameter survei kepuasan karyawan, serta sistem pelatihan dan pengembangan kompetensi. 
Kesuksesan yang telah dicapai POSCO dengan gemilang saat ini, diraih secara bertahap dalam kurun waktu yang panjang. Kami yakin, kesuksesan yang sama dapat dicapai oleh PTKP tentunya dengan semangat yang bersinergis dari seluruh pemangku kepentingan. Perjalanan kita semua masih panjang, mari tatap impian didepan dengan tegap dan semangat! (M. Sidiq Fanani, Quality Technology Team)