Contact
© 2019 Krakatau Posco

article thumb

Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Perkuat Kerjasama dengan Industri

Implementasi dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MKBM) sangat erat kaitannya dengan Industri. Hal ini menjadi perhatian yang besar baik bagi pihak industri maupun universitas dalam perkuat kolaborasi sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas SDM generasi muda di Kota Cilegon. Hal ini menjadi dasar bagi Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) melakukan kunjungan ke pabrik baja terpadu PT KRAKATAU POSCO (PTKP) pada Selasa, 5 Maret 2024.

Pertemuan kali ini dihadiri secara langsung oleh Direktur HR & GA, Dicky Mardiana, Direktur Technology & Business Development, Alhadis Syamsuddin sebagai perwakilan PTKP. Kemudian dihadiri juga oleh Wakil Rektor 3, Prof. Dr. Alfirano, ST., MT., Ph.D, dan Wakil Rektor 4, sebagai perwakilan dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA). Alhadis dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada pihak Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA), karena telah melibatkan industri untuk turut serta bersinergi dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk kemajuan Kota Cilegon saat ini dan juga di masa yang akan datang.

“Dengan adanya kolaborasi yang baik antara PTKP dengan UNTIRTA yang selama ini telah terjalin, maka diharapkan akan memberikan pengaruh pada kualitas sumber daya manusia serta capaian-capaian bagi universitas tidak hanya di tingkat daerah namun juga di tingkat nasional. Kami selaku industri akan turut serta secara maksimal dalam membangun generasi muda lokal baik dalam bidang akademik maupun dalam mempersiapkan generasi muda yang unggul menuju 10 Juta ton klaster baja di Cilegon, yang kita harapkan akan segera terealisasi,” ungkap Alhadis.

Hasil dari pertemuan kali ini diharapkan kerjasama yang akan terjalin akan lebih berkembang terutama dalam hal penelitian yang sebelumnya telah dilakukan untuk pemanfaatan slag sebagai material ramah lingkungan, serta kolaborasi dalam persiapan tenaga kerja yang unggul bagi generasi muda Kota Cilegon, untuk dapat bersaing di dunia industri yang semakin maju.

Konsep dalam penerapan Corporate Citizenship ini dilaksanakan sebagai bentuk perusahaan yang memenuhi peran dan tanggung jawab dalam hidup berdampingan dan bersimbiosis untuk pembangunan sosial seperti warga negara dalam masyarakat modern dengan masyarakat yang berada di sekitar dan terdekat dengan perusahaan. Karyawan harus bisa menerapkan filosofi manajemen ini pada semua keputusan yang dibuat secara sukarela turut berpartisipasi dalam menciptakan masyarakat yang lebih baik berdasarkan kepedulian dan saling berbagi di tempat kerja dan dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti halnya warga negara yang melangkah maju dan melakukan hal-hal yang baik untuk masyarakatnya, warga perusahaan juga mempraktikkan nilai-nilai keadilan, transparansi, dan etika, mengambil langkah lebih jauh untuk kemajuan sosial dalam semua kegiatan manajemen dan operasi sehari-hari. KRAKATAU POSCO terus menjalin kerja sama dan juga berkomunikasi dengan para pemangku kepentingan untuk menciptakan inovasi dengan filosofi bisnis kewarganegaraan perusahaan.Konsep yang komprehensif dan aktif ini menciptakan nilai simbiosis di berbagai bidang dengan mempraktikkan tanggung jawab sosial perusahaan yang diantaranya dalam bidang business, society dan juga people sebagai bentuk kontribusi perusahaan bagi kehidupan yang lebih baik untuk masyarakat.