Contact
© 2019 Krakatau Posco

article thumb
article-image-1

Jaga Keseimbangan Ekosistem Lingkungan Melalui Program Bank Sampah Bersama Masyarakat

Masih banyak sekali masyarakat yang belum menyadari betapa berbahaya mengabaikan permasalahan yang dapat ditimbulkan akibat pembuangan sampah yang tidak pada tempatnya serta betapa pentingnya mengelola sampah secara tepat. Sebagai salah satu solusi dari permasalahan sampah, Bank Sampah hadir sebagai penyelamat warga. Bank sampah tak hanya membawa dampak positif bagi lingkungan, namun juga memberikan dampak ekonomis bagi masyarakat.

Bank Sampah Berkah yang berlokasi di Kampung Penauan, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon merupakan salah satu bank sampah yang sampai dengan saat ini sudah berhasil dalam mengelola sampah rumah tangga menjadi bermanfaat serta menjadi praktik sirkuler ekonomi yang baik dalam pengelolaan sampah bagi masyarakat sekitar di lingkungannya. Bank Sampah Berkah sampai dengan saat ini tercatat telah memiliki 120 nasabah yang pada bulan ini telah mengumpulkan tabungan melalui sampah rumah tangga dengan total lebih dari Rp60 juta dan akan dibagikan kepada para nasabah di bulan Ramadan ini.

Tak hanya itu, PTKP juga turut berpartisipasi dalam kegiatan pemilahan sampah yang ada di Bank Sampah Berkah yang melibatkan karyawan sebagai volunteer dari kegiatan Corporate Citizenship. Kegiatan ini dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional, dimana sebagai masyarakat Industri, PTKP akan yang turut serta dalam permasalahan global terkait sampah khususnya sampah plastik yang dapat menjadi salah satu aspek dari terjadinya perubahan iklim yang telah lama menjadi perhatian masyarakat dunia dan berdampak pada berbagai sisi kehidupan seperti kesehatan ketahanan pangan serta ekosistem lingkungan.

Dengan adanya Bank Sampah yang ada di Kota Cilegon ini, masyarakat dapat lebih sadar akan pentingnya menjaga kebersihan melalui pengelolaan dan pemilahan sampah secara tepat, serta dapat mengurangi penumpukan sampah rumah tangga di tiap lingkungan dan dapat meningkatkan sirkuler ekonomi bagi masyarakat sekitar, sehingga masyarakat dapat mengoptimalkan kapasitas dirinya dengan mengembangkan Bank Sampah yang berada di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.