Contact
© 2019 Krakatau Posco

article thumb

Krakatau Posco Bentuk Program Health Improvement Untuk Melawan Diabetes Bagi Masyarakat Cilegon

Penyakit tidak menular (PTM) merupakan penyebab kematian hampir 70% di dunia. PTM merupakan penyakit kronis yang tidak ditularkan dari orang ke orang, salah satu penyakitnya adalah penyakit Diabetes Melitus (DM). Diabetes melitus merupakan salah satu penyakit kronis penyebab kematian tertinggi di Indonesia, dan merupakan salah satu penyakit terbanyak yang terjadi pada masyarakat Kota Cilegon. Menurut data dari Institude for Health Metrics and Evaluation bahwa diabetes merupakan penyakit penyebab kematian tertinggi ke 3 di Indonesia tahun 2019. Data International Diabetes Federation (IDF) mendapati bahwa jumlah penderita diabetes pada 2021 di Indonesia meningkat pesat dalam sepuluh tahun terakhir.

KRAKATAU POSCO sebagai perusahaan yang memiliki kepedulian kepada masyarakat sekitar, menginisiasi program yang dapat membantu masyarakat dalam menanggulangi penyakit diabetes. Pada hari Rabu tanggal 27 September 2023 dilakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Uptd Puskesmas Ciwandan yang diwakili oleh dr. Arief Dharma Hartana selaku Kepala Puskesmas dengan KRAKATAU POSCO yang diwakili oleh PT KPSE Services Indonesia tentang Program Pemberian Edukasi Kesehatan Masyarakat Dan Upaya Pencegahan Diabetes.

“Kami selaku perusahaan yang berkomitmen untuk terus bersinergi dengan masyarakat salah satunya dalam permasalahan kesehatan. Setelah kami berdiskusi bersama dengan tim dari Puskesmas Ciwandan, didapatkan hasil bahwa pengidap diabetes melitus merupakan salah satu yang tertinggi yang ada di Cilegon ini. Dengan demikian, kami bersama-sama dengan tim dari Puskesmas Ciwandan untuk bersama-sama melawan penyakit diabete melitus ini. Kami berupaya secara maksimal dengan adanya program ini, kami mencoba memberikan dari edukasi, sosialisasi, skrining secara rutin, sampai dengan pencegahannya dengan mengadakan senam diabet secara rutin yang dilaksanakan di Graha Posco (CLC),” Ujar Reza Rinaldy selaku Department Head Corporate Citizenship.

Program ini diperuntukan sebagai bentuk kepedulian KRAKATAU POSCO terhadap kesehatan masyarakat sekitar perusahaan dan khususnya mengurangi jumlah penderita diabetes di Cilegon dengan kegiatan yang berupa pengecekan kadar gula darah yang dilakukan setiap sebulan sekali secara gratis oleh tim dari puskesmas Ciwandan, serta menyediakan tempat  kegiatan Olah Raga Senam di area luar Graha Posco (CLC) yang dilakukan setiap hari Rabu dan Minggu. dan di akhir senam memberikan konsumsi sehat bebas gula.

“Kerjasama ini sangat membantu kami selaku tim dari Puskesmas Ciwandan yang sedang gencar melakukan skrining terhadap masyarakat terutama bagi para penderita diabetes. Tidak hanya itu, program ini juga dibentuk sebagai program pencegahan secara rutin dan lengkap, dari mulai pengecekan gula darah, senam, edukasi terkait diabetes dan juga pemberian makanan sehat yang bebas gula,” Ujar Arief.

Kegiatan edukasi dan sosialisasi pencegahan penyakit diabet ini bertujuan untuk menekan angka penyakit tidak melunar diabet karena pengobatan maupun perawatan terhadap penyakit ini membutuhkan biaya yang cukup tinggi dan berharap masyarakat lebih teliti dalam memilah makanan.

Di samping itu, hal yang harus dilakukan adalah menghindari asap rokok, rutin beraktivitas fisik secara positif agar kalori yang masuk dapat dikeluarkan kembali, diet sehat, batasi konsumsi gula maksimal empat sendok makan sehari dari semua makanan/minuman yang dikonsumsi dalam sehari, rajin membaca komposisi atau kandungan bahan makanan kemasan, istirahat yang cukup. 

“Kami berharap agar program yang terbentuk atas kerja sama ini dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit hipertensi dan diabetes melitus di masyarakat, khususnya saat ini kita coba terlebih dahulu untuk masyarakat Ciwandan, dan semoga ke depannya program ini bisa kami jalankan lebih luas lagi untuk seluruh wilayah yang