Contact
© 2019 Krakatau Posco

article thumb

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, PTKP Lakukan Tanam Pohon dan Dukung Program Bank Sampah Masyarakat

KRAKATAU POSCO turut berpartisipasi dalam kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional 2023 yang diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon. Acara ini dilaksanakan pada Selasa, 21 Februari 2023 bertempat di Situ Rawa Arum, Kota Cilegon. Kegiatan yang dilaksanakan berupa pembersihan lingkungan dan penanaman pohon. Hadir mewakili manajemen Perusahaan, Eka Syuhada selaku Environment Department Head, Kim Joong-Ho selaku Environment Department Senior Chief Specialist, serta beberapa karyawan. Tak hanya turut melakukan kegiatan bersih-bersih dan tanam pohon, perwakilan Perusahaan juga turut berkampanye dengan menggunakan poster berisi materi edukasi tentang Pilah Sampah, bahaya membuang sampah sembarangan, dan lain-lain. Harapannya, masyarakat dapat lebih sadar akan pentingnya menjaga kebersihan terutama melalui pengelolaan dan pemilahan sampah secara tepat.Masih banyak sekali masyarakat yang belum menyadari betapa berbahaya mengabaikan permasalahan yang dapat ditimbulkan akibat pembuangan sampah yang tidak pada tempatnya serta betapa pentingnya mengelola sampah secara tepat. Kesadaran kolektif sangat dibutuhkan terkait hal ini. Manfaat secara langsung maupun tidak langsung dapat diraih sebagai hasil dari menjaga kebersihan dan pengelolaan sampah.

Pengelolaan sampah sesuai dengan jenisnya dapat dimulai dari lingkungan rumah tangga. Sebagai salah satu solusi dari permasalahan sampah, bank sampah hadir sebagai penyelamat warga. Bank sampah tak hanya membawa dampak positif bagi lingkungan namun juga memberikan dampak ekonomis bagi masyarakat.

Bank Sampah Sinar Lestari merupakan salah satu bank sampah yang memperoleh pendampingan dari KRAKATAU POSCO dan KPSE-SI dalam aktivitasnya. Hingga saat ini, Bank Sampah Sinar Lestari telah berhasil dalam proses pengelolaan sampah rumah tangga, mewujudkan perputaran roda ekonomi bagi warga sekitar.

Pupuk cair buatan Bank Sampah Sinar Lestari merupakan olahan sampah berupa bahan makanan dari warga sekitar di Kelurahan Kubangsari, Kecamatan Ciwandan. Pupuk produksi Bank Sampah tersebut terbukti mampu meningkatkan hasil panen sayuran yang dilakukan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Asoka, Lingkungan Pintu Air, Kelurahan Kubangsari, Kecamatan Ciwandan. Pupuk olahan dari Bank Sampah Sinar Lestari ini sangat baik untuk tanaman sayuran dengan berbagai jenis. Selain tidak mengandung bahan kimia, pupuk cair ini juga dapat membuat subur tanaman. Hal ini telah dibuktikan dengan tes laboratorium yang dilakukan oleh KRAKATAU POSCO terhadap pupuk cair olahan Bank Sampah tersebut.

Program pada bank sampah selaras dengan tema Hari Peduli Sampah Nasional di tahun ini yakni “Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat”. KRAKATAU POSCO sebagai masyarakat industri turut serta memberikan dukungan dalam mengatasi permasalahan global terkait sampah yang menjadi salah satu aspek dari terjadinya perubahan iklim. Hal ini telah lama menjadi perhatian bagi masyarakat dunia. Fenomena perubahan iklim berdampak pada berbagai sisi kehidupan, seperti kesehatan, ketahanan pangan, dan mengancam keseimbangan ekosistem lingkungan serta sumber daya yang terkandung di dalamnya.